MONTFORTAN INDONESIA

Kawanan Kecil yang Berziarah dalam semangat Santo Montfort, untuk Membaharui Iman Kristiani dan Menjadi Berkat bagi Dunia

Visi Misi SMM Indonesia

Paroki Antonius Mbeling

Pada, Minggu 24 Agustus 2014, sebuah babak sejarah baru terjadi di Gereja St. Antonius Padua, Mbeling, Keuskupan Ruteng, Kecamatan Borong – Kab. Manggarai Timur. Umat Paroki Antonius Padua Mbeling membuka diri terhadap perubahan yang terjadi dengan diserahkannya paroki itu menjadi tanggung jawab misionaris Serikat Maria Montfortan. Paroki ini berjalan tanpa seorang pastor kepala sejak tahun 2009, namun dilayani Romo Mus, Pr dan Pater Stef, SVD. Dan tanggal 24 Agustus 2014, P.John, SMM ‘diterima’ sebagai seorang pastor kepala paroki dan dibantu P. Frans Borgias, SMM. Rm. Mus, Pr menyerahkan tugas estafet ini kepada P. John Suri, SMM dalam sebuah perayaan paroki mbelingEkaristi bersama umat. Paroki ini memiliki delapan stasi dengan jumlah umat: 7691 jiwa. P.John Suri, SMM dalam sambutannya saat upacara serah terima itu berkata “Kalau ditanya kepada saya, di manakah kekayaanmu? Maka saya akan menjawab dengan mengutip kata-kata Santo Diakon Laurensius, bahwa inilah kekayaan yang saya miliki, sembari menunjuk ke arah umat. Perayaan Ekaristi ini dipimpin oleh romo Vikep Borong, Rm. Simon Nama, Pr. Sebagai perwakilan Gereja lokal, Rm.Simon menyampaikan ucapan terima kasih kepada P.Stef, SVD dan Rm.Mus, Pr yang telah membimbing karya pastoral di paroki Mbeling walau tanpa seorang pastor kepala paroki. Romo Simon juga mengucapkan selamat bertugas kepada Serikat Maria Montfortan, khususnya kepada P. John,SMM yang diutus untuk menjadi pastor paroki Mbeling. Sementara itu, P.Stef Seli, SMM yang mewakili pimpinan Serikat Maria Montfortan saat itu, menyampaikan pesan berupa ucapan terima kasih dari Pater Provinsial Serikat Maria Montfortan kepada umat di paroki Mbeling yang bersedia menerima kehadiran Serikat Maria Montfortan, khususnya P.John,SMM sebagai pastor paroki dan permohonan maaf atas ketidakhadiran Pater Provinsial dalam upacara penyerahan Paroki Mbeling untuk menjadi tempat karya misi Serikat Maria Montfortan. Rm. Simon, Pr yang menjadi selebran utama perayaan Ekaristi pagi itu didampingi oleh beberapa imam lain dari Serikat Maria Montfortan, seperti P.Fidelis, SMM, P.Marsel Lobi, SMM, P.Marsel Ngebu, SMM, P.Jack,SMM.

Pastor pernah dan sedang bertugas di Paroki Mbeling:

2014: P. Yohanes Suri, SMM sampai 2015 (Beliau meninggalkan paroki akhir tahun 2015 karena sakit dan harus dirawat di Bandung)

P. Fransiskus Borgias, SMM (2015-….). Sejak 2016 menjadi pastor paroki

P. Rikardus Nsalu, SMM (Agustus 2016-….)

P. Yohanes Baptista Waja, SMM (2015-2016)