MONTFORTAN INDONESIA

Kawanan Kecil yang Berziarah dalam semangat Santo Montfort, untuk Membaharui Iman Kristiani dan Menjadi Berkat bagi Dunia

Visi Misi SMM Indonesia

Misi Ekuador

KISAH KAMI DARI TANAH MISI ECUADOR

                                  (Mikael Jofri Kellen, SMM)

Salam misionaris untuk konfrater sekalian. Pada kesempatan ini, kami dari tanah misi Ekuador ingin berbagi pengalaman karya misi yang kami jalani selama ini. Tentu banyak karya misi yang sudah kami jalankan baik dalam tingkat Konggregasi maupun tingkat pastoral bersama dengan umat. Karena itu, marilah kita membaca dan merenungkan segala kisah karya misi kami dari Ekuador.

Memeriahkan Hari Raya “Paska” Santo Montfortjef
Hari raya paskah adalah hari kebangkitan Yesus dari kematian. Ia bangkit untuk menikmati kemulian surgawi bersama Bapa. Kalau Yesus bangkit kepada kemuliaan surga dengan jiwa dan raga, Allah membangkitkan jiwa Montfort untuk masuk kemuliaan kekal. Hari kematian Montofrt adalah hari kebangkitannya sesuai dengan apa yang dikatakannya sendiri sebelum kematiannya: sekarang saya berada di antara Yesus dan Maria. Kata-kata ini hendak menegaskan arti ¨paskah¨dalam kematian Montfort. Montfort mati sebagai manusia biasa, tetapi dia bangkit sebagai manusia luar biasa dalam pandangan Allah, nyatanya dia sendiri mengatakan: kini aku berada di antara Yesus dan Maria. Hari kematiannya, dia artikan sebagai kemenangan dan kebangkitan. Inilah paskah untuk Montfort.
Maka dalam rangka memeriahkan paskah Montfort, kami SMM Ekuador mengajak umat untuk mendalami kehidupan sang tokoh ini. Untuk memfasilitasi kegiatan ini, SMM Ekuador menyiapkan materi pendalaman. Pastor superior delegasi SMM untuk Ekuador, Pater Paco, SMM menerjemahkan berbagai macam dokumen dan mempublikasikannya ke umat. Khusus untuk perayaan paskah Montfort, ada buletin khusus yang dibuat untuk umat awam SMM (KSM Ekuador). KSM Ekuador sudah memulai merenungkan tema-tema khusus ini. Mereka sudah memulainya bulan September dan berakhir pada bulan Desember bertepatan dengan perayaan Bunda Maria dari Guadalupe, 12 Desember.
Anggota KSM juga melakukan promosi buku-buku tentang hidup Montfort, tujuannya ialah membagikan kekayaan Spiritualitas Montfort ke umat yang tidak bergabung dalam KSM. Kami melihat bahwa antusiasme umat (walaupun tidak banyak) untuk mengenal santo ini lumayan tinggi. Kelompok ini dibagi dalam dua wilayah. Namun, dalam rangkah memeriahkan paskah Montfort, dua kelompok ini bekerja secara bersama-sama. Mereka mengadakan pertemuan mingguan (sekali dalam seminggu).
Pertemuan SMM Ekuador
SMM Ekuador selalu mengadakan pertemuan awal dan akhir tahun. Itu berarti kami mengadakan 2 kali pertemuan dalam setahun. Pertemuan pertama dilaksanakan bulan februari dan pertemuan kedua dilaksanakan bulan oktober. Pertemuan bulan oktober merancang kegiatan misi baik tingkat delegasi maupun tingkat paroki di mana kami berkarya. Sedangkan bulan oktober kami mengadakan evaluasi dan juga perencanaan yang lainnya. Pertemuan ini dilaksanakan selama 5 hari. Pertemuan biasanya diawali dengan tema tertentu, karena itu kami mengundang pembicara yang berkompeten dibidangnya. Dalam bagian ini, secara khusus kami membagikan pengalaman pertemuan yang dilaksanakan bulan Kktober 2016. Agenda pertemuan:
• Senin: kedatangan konfrater dari paroki
• Selasa-Rabu: pembahasan tema tentang situasi politik di Ekuador (karena tahun depan Ekuador akan mengadakan pemilihan umum untuk memiliah presiden).
• Kamis-Jumat: evaluasi dan pembicaraan tema-tema yang berkaitan.
Kami akan membagikan pengalaman melalui tulisan ini poin nomor 3: evaluasi dan pembicaraan tema-tema yang berkaitan. Ada beberapa point penting yang kami bahas bersama:
A. Acara kaul kekal, tahbisan diakon dan tahbisan imam
SMM memiliki satu calon yang akan ditabiskan tahun 2017. Dia akan menjadi imam kedua SMM Ekuador. Dia baru menyelesaikan studinya di Peru. Kaul kekal akan dilaksanakan tanggal 25 Maret 2017. Tahbisan daikon dilaksanakan tanggal 26 Maret 2017, sedangkan tahbisan imam akan dilaksanakan 7 Oktober 2017. Sebelum kaul kekal dan tahbisan, dia mengikuti pembinaan di paroki di mana Montfortan bekerja. Pembinaan pertama dilaksanakan di parokinya Pater Eman. Pembinaan kedua akan dilaksanakan di paroki perbatasan Ekuador-Peru, bersama Pater Juan, SMM, sedangkan pembinaan ketiga akan dilaksanakan di paroki tempat saya bekerja. Kaul kekal dan tahbisan rencananya kami akan mengikutsertakan umat baik yang tergabung dalam KSM maupun umat yang tidak bergabung.
B. Perpanjangan kontrak kerja dengan keuskupan
SMM EKuador bekerja di dua keuskupan. Kontrak pertama akan berakhir bulan Februari 2017. Menurut peraturan keuskupan, sebulan sebelum berakhirnya kontrak, pihak yang terkait harus memperbaharui kontraknya. Karena itu, Pater Eman Ngatam bersama konfrater lainnya akan membaharui kontrak kerja mereka untuk jangka waktu 3 tahun. Sedangkan di tempat saya bekerja, sudah kami perbaharui kontraknya untuk jangka waktu tiga tahun.
C. Utusan kapitel jendral
SMM EKuador adalah delegasi dari Propinsi Prancis. Karena itu, untuk kapitel jendral tahun 2017, delegasi Ekuador akan mengutus satu imam, namanya Pater Juan Francisco. Dia adalah imam dari spanyol yang sudah bekerja di Ekuador ± 30 tahun. Pernah menjadi superior delegasi. Selain kapitel jendral, Provinsi Prancis akan mengadakan kapitel provinsi untuk memilih provinsial yang baru. Kapitel ini akan dilaksanakan bulan Januari 2017. Dan yang mengikuti kegiatan ini ialah pater superior delegasi sendiri, Pater Paco, SMM.
D. Konfrater yang cuti
Tahun 2017 ada empat konfrater kami yang cuti atau berlibur. Aturan liburan SMM Ecuador sebagai berikut. Konfrater local (asal ecuador), mereka mempunyai hak cuti atau libur setiap tahun selama sebulan. Konfrater dari spanyol akan cuti setiap dua tahun dan lamanya dua bulan. Sedangkan konfrater dari Indonesia, akan mengambil cuti setiap tiga tahun dan lamanya tiga bulan. Karena itu, tahun 2017, ada 3 konfrater dari spanyol akan berlibur dan satu dari Ecuador.
E. Kisah sedih
Pertemuan kami selesai pada hari jumaat malam. Karena jarak dengan paroki sangat jauh, maka kami baru bisa pulang ke paroki masing-masing pada hari Sabtu. Kami kembali ke paroki sekitar jam 9 pagi dengan harapan bisa tiba di paroki pada sore hari dan bisa merayakan misa yang sudah terjadwal dengan baik. Khusus saya sendiri, saya sudah bersepakat dengan beberapa keluarga untuk membaptis anak mereka. Akan tetapi karena kecelakan yang dialami oleh Pater Eman dkk, makanya misa dirayakan oleh imam lain. Kisah sedih ini ialah mobil (mobil pribadi SMM) yang ditumpangi Pater Eman dan dua imam SMM dan satu awam perempuan mengalami tabrakan dengan mobil (sejenis Toyota). Ketiganya mengalami luka ringan. Pater Eman dan Pater Carlos mengalami benturan tanpa adanya luka, sedangkan dua teman yang lainnya mengalami luka ringan, satu orang mendapat luka di bagian dagu dengan empat jahitan sedangkan satu lagi gigi bagian depan copot. Karena kecelakan ini, maka kami harus berurusan dengan polisi. Dan sampai berita ini diturunkan, kasus ini masih ditangani polisi.
Salam penutup
Sekian kisah kami dari Ecuador untuk edisi internos bulan ini. Selamat memasuki masa adven dan mempersiapkan pesta natal 2016 dan tahun baru 2017. Permohonan kami untuk semua konfrater di mana saja berada: DOAKAN KAMI SELALU. Bunda Maria dan Montfort membantu kita dalam suka dan duka (María y Montfort nos ayudan en la alegría y dolor).

*P. Jeffry Kellen, SMM, Misionaris di Ekuador

SERIKAT MARIA MONTFORTAN-INDONESIA 2018 Frontier Theme