Misi Umat Montfortan di Stasi St. Markus Nanga Hovat

Selamat berjumpa kembali. Semoga kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan dari Putra-Nya Yesus Kristus menyertai kita selalu. Pada kesempatan ini, kami hendak membagikan pengalaman misi umat Montfortan di Stasi St. Markus Nanga Hovat-Paroki St. Antonius dari Padua Mendalam-Keuskupan Sintang Kalimantan Barat.

 Promotor utama kegiatan misi ini adalah tim pastoral dari Rumah Misi Deo Soli yang dikepalai oleh Rm. Rafael Lepen, SMM. Misi umat montfortan yang pertama (14/10/2020) dilaksanakan di Paroki Siut-Melapi yang melibatkan semua para montfortan di Regio Kalimantan Barat. Kegiatan ini sangat berguna bagi pertumbuhan dan pengembangan iman umat. Pada tahun ini, misi umat montfortan dilaksanakan di salah satu stasi di Paroki St. Antonius dari Padua Mendalam yaitu: Stasi St. Markus Nanga Hovat. Demi kelancaran dan kesuksesan misi ini, maka, pada tanggal 8 Maret Rm. Rafael Lepen, SMM bersama dengan Tim pastoral Paroki St. Antonius dari Padua Mendalam berkunjung ke stasi St. Markus Nanga Hovat.  Kunjungan itu dimaksudkan untuk mengetahui situasi, konteks budaya, kehidupan umat, sekaligus memberitahu mereka tentang pelaksanaan misi ini. Tujuan misi ini adalah untuk membangkitkan semangat iman umat dan agar mereka makin setia pada iman katoliknya.

            Dalam perencanaan awal misi ini dilaksanakan pada tanggal 21-23 Maret dengan melibatkan semua para Montfortan di regio Kalimatan Barat dalam kerjasama dengan Dewan Pastoral Paroki (DPP) St. Antonius dari Padua Mendalam. Namun, karena covid-19 tidak semua para montfortan di regio Kalimantan barat dilibatkan.  Dan juga waktu pelaksanaan misi ini ditunda ke tanggal 11-13 April karena berdekatan dengan Perayaan Paskah dan Hari Raya Maria diberi Kabar oleh Malaikat Tuhan. Pada tanggal 20 Maret saya diutus oleh komunitas pastoral paroki Mendalam ke Nanga Hovat untuk memberitahu umat bahwa kunjungan para imam, frater, bruder SMM yang dalam perencanaanya dilaksanakan pada tanggal 21-23 ditunda ke tanggal 11-13 April. Dalam kesempatan itu saya melaksanakan ibadat sabda bersama umat, sekaligus mendaftar jumlah KK dan membagi rosario dan sabun dari rumah ke rumah.

            Pada tanggal 10 April Bruder Niko, SMM bersama rombongan berangkat lebih awal ke Nanga Hovat untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam misi ini, antara lain: menyiapkan sound sistem, generator untuk penerangan, serta bahan logistik, dll. Pada tanggal 11 April pukul 13:00 WIB rombongan para pastor, Frater dan DPP paroki Mendalam berangkat ke Nanga Hovat menggunakan 2 perahu motor. Para romo yang ikut dalam kegiatan ini antara lain: Rm. Rafael Lepen, SMM, Rm. Jack, SMM, Rm. Ardus, SMM, dan Rm. Roin, SMM dengan Frater yang ikut; Fr. Embid, SMM dan Fr. Alfian, SMM. Rombongan tiba di Stasi St. Markus Nanga Hovat sekitar pukul 15:00 WIB disambut dengan acara adat suku Dayak Bukat Hovat                

            Setelah diterima secara adat para rombongan diarak ke aula untuk makan minum ringan, sekaligus perkenalan dengan semua umat di stasi ini. Kemudian rombongan dibagi ke rumah penginapan masing-masing yang telah disiapkan oleh pengurus umat di stasi ini. Ada pun agenda dalam misi umat Montfortan ini antara lain:  Hari pertama (tanggal 11 April) Pukul 20:00 WIB pelatihan pemimpin ibadat oleh Rm. Rafael dan Rm. Ardus. Sedangkan imam, Fr, Br dan rombongan tetap di penginapan masing-masing.  Hari kedua kegiatan dimulai (Pukul 08:00-Selesai); kunjugan umat dari rumah ke  rumah ditangani oleh Rm. Jack dan rombongan dan Rm. Ardus, Rm. Rafael dan rombongan. Mereka berdoa serta memasang salib dan membagikan rosario di setiap rumah umat. Pemasangan salib menjadi salah satu ciri khas seorang montfortan sebagaimana yang dilakukan oleh bapa pendiri St. Louis de Montfort.

Pembinaan OMK ditangani oleh Rm. Bill, Rm. Roin, Fr. Embid. Sedangkan bimbingan untuk anak-anak Sekami ditangani oleh Fr. Alfian dan Ibu Agnes Ado. Kegiatan pengobatan gratis bagi semua umat di stasi ini dilaksanakan pada sore hari (Pukul 14:00-17:00 WIB) yang ditangani oleh tim kesehatan (Pak Adus dan Bidan Kus). Kegiatan hari kedua ini ditutup dengan katekese bersama semua  umat di stasi St. Markus Nanga Hovat (Pukul 19:00-selesai). 

Hari ketiga tanggal 13 April Misi umat Montfortan ditutup dengan Perayaan Ekaristi bersama yang dipimpin oleh Rm. Jack, SMM (Pukul 08:00-selesai). Setelah perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan sayonara dan foto bersama umat. Pukul 13:00 WIB rombongan meninggalkan stasi St. Markus Nanga Hovat. Kegiatan misi yang singkat dan padat ini memberi kesan dan selalu dikenang dalam sanubari kami dan semua umat di stasi St.Markus Nanga Hovat. Sampai Jumpa di lain kesempatan, begitulah sorak-sorai diakhir misi umat ini. (Fr. Alvian, SMM).