MONTFORTAN INDONESIA

Kawanan Kecil yang Berziarah dalam semangat Santo Montfort, untuk Membaharui Iman Kristiani dan Menjadi Berkat bagi Dunia

Visi Misi SMM Indonesia

Hari Baru, Kehidupan Baru, Awal Baru dan Kesempatan Baru

 

 

Hari Baru, Kehidupan Baru, Awal Baru

dan Kesempatan Baru

 

 Fr. Alfin, SMM

 

Sharing

            Salam hangat dariku untukmu semua, konfrater yang dikasihi oleh Bunda Maria dan oleh Santo Montfort Bapa Pendiri kita. Sukacita besar senantiasa Tuhan anugerahkan kepada kita yang berpegang teguh dalam panggilan dan tetap setia dalam ikatan persaudaraan Injili yang mewarnai hidup kita. Kegembiaraan besar yang kusadari tidak mampu kuurai dengan kata-kataku yang terbatas telah mengisi hari-hari kami belakangan ini. Sukacita yang senantiasa mengiringi perjalanan hidup kita dari sejak semula, saat ini bahkan bukan mustahil untuk waktu yang lama. Pengalaman sukacita besar itulah yang oleh perkenanan Allah hendak kubagikan untukmu semua. Saya katakan oleh perkenanan Allah karena atas rencana dan kehendak-Nya, saya dan konfrater yang hidup dan tinggal dalam rumah Pondok Kebijaksanaan Malang saat ini boleh merayakan sukacita yang besar itu. Sukacita besar yang saya maksudkan adalah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) atau hari berdirinya rumah kita yang tercinta ini, Pondok Kebijaksanaan Malang. Hari ini tepatnya pada 6 September 2018 kami, keluarga besar Pondok Kebijaksanaan Malang merayakan HUT yang ke-13 dari rumah kita tercinta ini. Hari yang bagi saya secara pribadi menjadi hari yang bersejarah karena baru mengalaminya untuk pertama kali. Tentu saja saya dan semua yang ada di Ponsa ini merindukan kehadiranmu semua untuk mengambil bagian dalam sukacita ini. Akan tetapi, menyadari waktu dan tempat yang berbeda dan terbentang luas lautan yang memisahkan kita membuat kerinduan itu tidak mungkin untuk dipenuhi, sehingga saya terdorong untuk membagikan pengalaman berharga ini lewat tulisan yang sangat singkat ini.

            Tiga belas tahun yang lalu, tepatnya pada 6 September 2004 terjadilah peletakan batu pertama pembangunan rumah formasi Skolastikat ini. Peletakkan batu pertama ini menandai dimulainya ‘era baru’ dalam perkembangan Serikat Maria Montfortan dalam mencari dan membina calon-calon Montfortan muda walaupun sebenarnya hal tersebut ( pembinaan para Skolastik ) telah dimulai di Bandung. Peletakkan batu pertama itu juga yang hemat saya menjadi dasar dan awal peziarahan dari Ponsa ini. Sungguh sebuah perjalanan yeng panjang. Kendati demikian Komunitas Ponsa ini sendiri baru ‘menghasilkan’  kurang lebih tiga puluan imam, yang kemudian diutus kemana-mana sesuai dengan kehendak Tuhan dan karena kebutuhan umat. Nominal itu tentu saja belum mencapai atau memenuhi harapan kita semua. Kita tentu mengharapkan lebih dari itu dan tentu juga membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkan kerinduan kita dan Bapa pendiri, terutama membina calon-calon Montfortan yang tangguh, tanggap dan bertanggungjawab dalam mengemban misi Kristus.

            Tidak terlepas dari semua itu, baik sejarah berdirinya Pondok Kebijaksanaan maupun konfrater yang telah lebih dulu merawat dan menjaga rumah ini dengan sangat baik, pada hari bahagia ini saya mewakili seluruh anggota komunitas Ponsa mengucapkan limpah terima kasih kepadamu semua karena kamu layak mendapatkan kebahagiaan ini. Oleh karena itu, perkenankan saya untuk sejenak mengsharingkan pengalaman-pengalaman kami selama menyongsong hari bahagia ini.

            Dalam tradisi Ponsa, dalam menyongsong setiap hari besar komunitas, diadakan semacam pertandingan kelompok sesuai dengan jobdes atau yang telah diagendakan oleh seksi olahraga setiap tahun. Nah, pada kesempatan kali ini kami sekomunitas melakukan hal yang sama. Komunitas Ponsa mengadakan aneka pertandingan seperti sepak bola, bola voli, serta pertandingan catur dan lain sebagainya yang dilakukan dalam ruangan. Tentu saja pertandingan-pertandingan ini disesuaikan dengan jadwal kuliah dan jadwal-jadwal lainnya agar tidak bertabrakan. Singkat cerita, pertandingan liga Ponsa ini berjalan dengan lancar hingga hari puncaknya tanggal 6 september 2018. Adapun kegiatan-kegiatan seputar hari puncak ini, selain misa syukur dan resepsi bersama, kami juga menyuguhkan beberapa acara, seperti lawak, stand up komedi dan tentunya diwarnai oleh suara-suara indah dari para konfrater serta pemberian hadiah bagi semua anggota yang mengambil bagian selama pertandingan berlangsung.

 

Refleksi

Hari baru, kehidupan baru, awal baru dan kesempatan baru. Dalam bahasa Inggris kesempatan berarti ‘opportunity’. Pada kata ‘yesterday’ tidak ada huruf ‘O’, itu berarti kemarin sudah tidak ada kesempatan dan sudah tidak ada peluang untuk melakukan sesuatu apapun yang terlintas dalam benak kita. Pada kata ‘today’ ada satu huruf ‘O’, artinya hari ini masih ada satu kesempatan dan kita diberi waktu untuk melakukan segala hal yang sungguh penting dan bermakna bagi hidup kita. Dan pada kata ‘tomorrow’ ada tiga huruf ‘O’, artinya besok masih ada tiga bahkan masih ada begitu banyak kesempatan. Nah, apa yang hendak kita lakukan dengan kesempatan-kesempatan yang ada. Apakah kita mesti kembali ke belakang? Apakah kita harus kembali dan memulai segala sesuatu dari awal? Hemat saya tidak demikian. Tidak mungkin kita meratapi hari-hari yang t’lah berlalu dan kecewa karena tidak mampu memaksimalkan kesempatan-kesempatan yang telah lewat dengan baik. Kita hanya butuh waktu jeda. Kita perlu berefleksi dan menenangkan seluruh diri. Kita perlu melihat ke dalam diri, siapakah aku? Siapakah kita semua dalam segala hal yang kita telah perbuat selama ini.

Pada hari ulang tahun Ponsa yang ke-13 ini saya mengambil tema “Hari Baru, Kehidupan Baru, Awal Baru dan Kesempatan Baru”. Apa yang hendak saya katakan kepadamu semua dari tema ini adalah hasil permenunganku yang panjang. Saya sudah lama menantikan momen ini. Setiap orang yang merayakan hari ulang tahun mungkin akan mengatakan hal yang sama, bahwa hari ini adalah hari baru, permulaan baru dan kesempatan baru untuk lebih memaknai hidup. Ponsaku adalah rumahku dan rumahku adalah diriku dan saya merasa happy mengalami semua dinamika hidup dalam rumah ini. Sehingga, pada hari ini saya merasa bahwa bukan hanya rumah ini yang merayakan kebahagiaan ini tetapi semua orang yang mengambil bagian dalam peziarahannya sebagai ‘rahim’ yang dengan setia menampung dan memberi kenyamanan bagi semua penghuninya. Hari ini dalam refleksi saya merupakan hari baru, awal yang baru dan kesempatan baru pula untuk lebih feel at home dan merasa lebuh akrab dengan rumah ini.

 Akhir kata, saya hanya mau ‘mengatakan peliharalah dan rawatlah rumah ini seperti dirimu. Kebersihan, kerapian dan keindahan rumah ini menjadi gambaran dan saksi bisu yang menunjukan kepada semua orang bahwa kita memiliki perhatian dan rasa memiliki yang besar akan rumah ini.

Never stop trying . ‘For I know the plans I have for you declares the Lord. Plans to prasper you and not to harm you, plans to give you hope and a future’ (Jeremiah 29:11)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SERIKAT MARIA MONTFORTAN-INDONESIA 2018 Frontier Theme